YULIANTI

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

DAERAHKU

Donggo adalah salah satu kecamatan yang berada di Bima NTB. walaupun hanya kecamatan kecil tapi masyarakat di donggo memunyai keunikan atau mempunyai daya tarik tersendiri,,dikampungku tepatnya di didonggo ,,,kami hidup rukun dengan 3 agama yaitu AgamaIslam,kristen protestan, yang berada di satu kecamatan,berbeda dengan kecamatan lain,yang hanya hidup dengan mayoritas islam.

Bima dan ciri khas bima suku bima biasanya seari-hari berkomunikasi  dengan menggunakan bahasa bima atau yang dikenal dengan nggahi mbojo. Bima salah satu kota yang berada di  NTB,,dengan berbagai kebudyaan yang kental dan tradisi yang masih dilestarikan, Bima memang unik dengan beragam tarian tradisional baik yang lahir dari Istana maupun di luar Istana. Pada masa lalu, terutama pada zaman ke-emasan.dibima ada beberapa tradisi yang masih di pertahankan seperti “Rimpu Mpida”.

Bima memiliki banyak jenis makanan khas seperti OI MANGGE + UTA KARAMBA,TOTA FO,O+DUMU LOA.jenis makanan ini dari zaman dulu hingga sekarang masih dipertahankan,disamping rasanya yang tidak kalah enak dengan makanan pada umumnya dan juga mudah di dapat.Dibima juga terdapat tempat wisata yang tidak kalah indah dan bagus dengan kota lain,seperti

1.Pantai pink (Lambu,sape,BIMA NTB)

Pantai Pink Sape Lambu Bima (IG : Nawirsukma)

2.Bajo Pulo Sape (Bima NTB)

Pantai di Bajo Pulo Sape Bima NTB

 

snorkling-di-laut-bajo-pulo-sape-bima

3.Pantai lariti  (Lambu,Sape BIMA NTB)

Pantai Lariti Lambu Bima NTB

Sumber : klik disini

 

Add A Comment

© 2008 YULIANTI